Tokek: Hewan menjijikan, mistis, juga bermanfaat

Tokek adalah nama umum untuk menyebut cecak besar. Ada beberapa jenis tokek, namun istilah tokek biasanya merujuk kepada jenis tokek rumah berikut.

Tokek rumah adalah sejenis reptil yang masuk ke dalam golongan cecak besar, suku Gekkonidae. Tokek rumah memiliki nama ilmiah Gekko gecko (Linnaeus, 1758). Dalam bahasa lain hewan ini disebut sebagai téko atau tekék (bahasa Jawa), tokék (bahasa Sunda), dan tokay gecko atau tucktoo (bahasa Inggris).

Tek…kek…., tokk, tok…tokk… tok…tokkeekkk….
hehehe bener nggak yach suara tokek kayak gitu😀

Berisik ketika malam menjelang mimpi indahku terdengar suara hewan melata yang gemuk, ginuk-ginuk dan menggemaskan ini di ruang tamu rumahku, yach mau diapain lagi malam-malam megangnya pun aku geli-geli takut gimana gitu hehehe… padahal udah tiga harian hewan menggelikan itu ada di ruang tamu rumahku loh..

Hewan Tokek, bagi sebagian orang hewan ini adalah binatang yang menjijikkan bahkan ada yang mengira jika hewan melata itu ada di rumah kita berarti ada mahluk halus alias setan atau jin juga mampir atau ada di lingkungan rumah kita, seperti halnya (katanya) kepiting yang ikat dan ditaruh diatas meja diberi sedikit air dan kaca maka mahluk halus yang bernama Tuyul juga akan menganggap kepiting dan kaca itu sebagai mainannya.

tokek-dua.jpg tokek-empat.jpg

Teringat beberapa waktu lalu ketika aku di ganggu oleh suara-suara aneh di lingkungan kamarku yang ternyata ketika itulah hewan tokek itu pertama ada di dalam rumahku, secara kebetulan atau tidak yang jelas saat tokek itu ada di ruangan rumahku saat itu juga malam dinginku jadi serem dan banyak godaan yang sempet bikin aku juengkel….

Kembali ke hewan tokek, beberapa orang juga ada yang menjadikan kulit hewan melata ini mata pencaharian sebagai bahan dasar pembuatan tas dan pernik lainnya meski kebanyakan sebagai obat dari beberapa penyakit seperti gatal, asma dan gairah seksual, yach katanya sich cuman di goreng aja trus dimakan biasa, rasanya sich ga tau kayak gimana coz lum pernah nyicipin sich hehe…. Namun tau nggak? ternyata hewan yang tidak membahayakan ini dianjurkan untuk dibunuh, yach tergantung orangnya sich tega apa malah geli hehehe, karena menurut riwayat ketika nabi Ibrahim dihukum bakar olah raja Namrud, binatang ini ikut meniup apinya. (H.R. Bukhari, Ibnu Majah, Ahmad)

Yach, akhirnya aku dan nyokap nyoba mengusir hewan melata itu tuk keluar dari rumah, dari mulai di sodok sama kayu ampe aku memberanikan diri menjepitnya pake dua belah kayu bambu namun gagal juga hehehe soale geli sich, udah gitu badannya gemuk banget, ginuk-ginuk gimana gitu hehehe, dengan badannya yg kekar akhirnya jepitan kayuku ditambah rasa geliku ga kuat mencengkramnya, meski dianjurkan mau ngebunuh juga ga tega…akhirnya tak pukul-pukul pake kayu ampe dekat lobang udara di atas pintu rumah gitulah…. wuzzz, wuzzz srreeettt…. keluar juga tuh hewan memalui lobang angin rumahku…. hehehehe ampe tetanggaku pada ngeliat semua mungkin dik=ikirnya anak sama ibunya lagi ngapain bawa kayu berdua hehehe…

Nah…., kalau di tempat kalian ada hewan melata lebih besar dari cicak dan berbintik-bintik merah yang bernama tokek, silahkan bertindak secepatnya soale selain berisik, bau, dan ehmmm mendatangkan hantu tak dikenal ke tempat itu loh… hehehe

SUMBER : http://id.wikipedia.org/wiki/Tokek

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s