PANDUAN GOOGLE WAVE

Google Wave akhir-akhir ini sedang dibicarakan para Developer Web di dunia. Inilah sebuah bentuk komunikasi Real Time dari Google yang akan dirilis untuk publik sebentar lagi di tahun ini. Mungkin kalian belum membaca secara total apa itu Google Wave.

Dibawah ini akan kami sediakan informasi, beberapa definisi dan link-link yang berhubungan dengan info seputar Google Wave. Mudahan artikel ini dapat anda pakai sebagai acuan yang cukup komplit mengenai Google Wave. Sudah banyak sekali info link bertebaran seputar Wave ini di Twitter.

OK, inilah Google Wave :

logo
Apa itu Google Wave ?

Google sudah menyediakan informasi komplit tentang Wave ini disini. Google Wave adalah sebuah bentuk komunikasi Real Time yang disediakan oleh Google. Wave ini menggabungkan beberapa servis yang sudah disediakan oleh Google sebelumnya dan semuanya akan saling terintegrasi dengan baik, seperti Email, Instant Messaging/Chat, Wiki, Web Chat, Social Networking dan Project Management. Semua aplikasi web tersebut menjadi satu dalam sebuah tampilan di dalam Browser. Di dalam Wave anda dapat berbagi pikiran maupun share file dengan teman atau kolega anda secara Real Time.
wave

Google Wave mempunyai banyak sekali fitur-fitur yang inovatif, dibawah ini adalah beberapa diantaranya:

* Real Time: dalam beberapa aplikasi di Wave nanti, anda dapat melihat seseorang sedang mencoba mengirimkan pesan kepada anda, bahkan anda dapat melihat huruf per huruf apa yang sedang diketikkan oleh teman anda.
* Embeddability: Wave dapat di integrasikan kedalam Blog maupun Website.
* Applications and Extensions: Seperti halnya aplikasi di Facebook atau iGoogle gadget, para Developer dapat membuat aplikasi mereka dan dapat dijalankan didalam Wave. Aplikasi yang dibuat nantinya dapat berupa Bots hingga Game yang bersifat Real-Time.
* Wiki Functionality: Apapun yang tertulis didalam Google Wave dapat di edit oleh siapapun karena semua percakapan yang terjadi didalam Wave bersifat Shared. Jadi, maksud dari ini adalah, anda atau siapapun itu dapat membenarkan sebuah informasi tertulis yang keliru, menambahkan info, ataupun menambahkan komentar anda didalam sebuah percakapan yang sedang berlangsung.
* Open Source: Google Wave akan dirilis dengan basis Open Source, ini dimaksudkan agar perkembangan Google Wave nantinya akan cepat karena semua orang yang ikut di dalam Wave dapat melakukan kontribusinya masing-masing untuk Wave.
* Playback: anda dapat mendengarkan apa yang tertulis dalam bentuk audio.
* Natural Language: Wave dapat melakukan koreksi kalimat yang anda tuliskan, bahkan dapat mengetahui perbedaan antara kata yang sejenis dan membandingkannya, seperti kata “been” dan “bean”. Selain itu Wave dapat secara langsung melakukan alih bahasa dengan bahasa yang anda inginkan secara langsung.
* Drag and Drop File Sharing: anda dapat mengirimkan file attachment dengan semudah Drag and Drop (tarik dari Finder langsung ke Browser) dan dengan langsung semua teman anda dapat meng-akses file tersebut.

List diatas mungkin hanya beberapa saja, tapi poin-poin itulah yang akhir-akhir ini menjadi sebuah pembicaraan menarik di Internet.

Google Wave berawal dari pemikiran sebuah Tim yang berada di Sydney-Australia. Tim intinya ada 2 orang bersaudara yaitu, Jens dan Lars Rasmussen dan seorang Pimpinan Manajer Proyek ini yaitu Stephanie Hannon, semua orang tersebut telah bergabung didalam proyek Google Maps sebelumnya.

Google Wave ini sudah diumumkan kemarin di konferensi Google I/O Developer, tetapi aplikasi ini mungkin belum akan dikeluarkan dalam beberapa bulan kedepan.
Terminologi

terminologi

Waves mempunyai bahasa sendiri (lingo), anda harus memahami beberapa definisi baru yang ada di dalam Wave ini. Dengan memahami definisi ini, diharapkan anda akan paham bagaimana Wave itu nantinya:

* Wave: Wave secara spesifik dijelaskan seperti halnya bertukar-tukar informasi atau disebut dengan “Threaded Conversation”, dapat dilakukan dalam percakapan 2 orang ataupun dalam sebuah grup tertentu atau bahkan ROBOTS (dijelaskan dibawah). Sepertinya ini adalah aplikasi yang mirip dengan Instant Messaging (IM). Apapun yang anda bicarakan didalam sebuah chat disebut dengan Wave.
* Wavelet: ini juga seperti Threaded Conversation, tetapi hanyalah bagian tertentu dari sebuah percakapan, Ini seperti anda sedang melakukan percakapan individu dengan seseorang. Wavelet dapat dibuat dan diatur secara terpisah dari sebuah Wave yang sedang berlangsung.
* Blip: ini bentuk yang lebih kecil lagi dari Wavelet. Blip adalah penulisan pesan secara individu ke seseorang. Seperti sebaris kalimat dari sebuah percakapan di dalam Chat. Sebuah Blip dapat digabungkan dengan Blip dari orang lain, ini disebut denga “Children”. Blip ini dapat diatur sesuai kemauan anda, mau di Publish atau tidak terserah anda.
* Document: Dokumen dalam arti yang biasa yang dapat anda ikutkan kedalam Blip sebagai konten tambahan. Seperti halnya sebuah link didalam website tetapi memiliki kemampuan penyimapanan sebuah / beberapa file didalamnya.
* Extension: ini adalah sebuah aplikasi kecil yang dapat dijalankan didalam Wave. Ada 2 jenis aplikasi dasar yang didukung oleh Wave yaitu: Gadget dan Robots.
* Robots: Robots adalah peserta yang dapat diaktifkan secara otomatis didalam Wave. Robots dapat berbicara kepada pengguna dan berinteraksi dengan Wave. Robots dapat memberkan informasi dari sumber diluar Google seperti : Twitter dan dapat pula melakukan pengecekan isi konten yang dikirimkan ke dalam Wave dan melakukan perintah sesuai aturan yang kita perintahkan, semacam RSS Feed, kita melakukan pengaturan didalamnya jika muncul berita baru seputar Komputer, maka berita tersebut akan dimunculkan secara otomatis untuk anda.
* Embeded Wave: konten didalam Wave dapat anda pasang ke dalam Website anda. Penggunapun dapat memakai ini sebagai tempat untuk melakukan Chat secara langsung dengan anda.

Wave Gadget
gadgets

Wave Gadget adalah salah satu Extension yang didukung oleh Google Wave. Aplikasi ini sangat fungsional didalam Wave. Menurut Google, Gadget adalah sebagai media untuk mengganti tampilan yang terlihat didalam Wave, walaupun hanya dapat merubah bagian luar dari tampilannya saja dari beberapa aplikasi didalam Wave tetapi ini sangat berfungsi.

Hampir semua gadget dari iGoogle ataupun dari OpenSocial dapat dijalankan didalam Wave. Berarti sudah ada ribuan Gadget yang telah dibuat dan semuanya akan berjalan didalam Google Wave ini. Gadget ini dapat digunakan sebagai media komunikasi antar pengguna nantinya, seperti Online Game yang dapat diikuti oleh banyak orang sekaligus. Hal ini mirip seperti Aplikasi yang ada di Facebook atau MySpace yang dapat mengikutsertakan teman-teman anda untuk membuat Game, Quiz dan Aplikasi yang benar-benar berguna lainnya.

Gadget ini pemakaiannya spesifik tergantung oleh setting/pengaturan pemakainya. Tidak seperti Facebook yang memasukkan Aplikasinya kedalam Profile si pemakai. Gadget ini dapat digunakan oleh semua pengguna Wave, serta Gadget tidak memakai Title, ini untuk mempercantik tampilannya didalam percakapan. Gadget yang sudah terintegrasi langsung didalam Wave adalah : Sudoku, Bidder (gadget ini dapat merubah Wave anda menjadi ajang Lelang) dan Maps (ini adalah integrasi dari Google Maps ke dalam Wave anda).

Untuk lebih jauh informasi teknikal seputar Gadget ini dapat anda lihat disini.
Wave Robots
robots

Integrasi aplikasi didalam Wave sedikit lebih kompleks dan tidak sesimpel anda memasukkan link sebuah Video YouTube kedalam website anda. Tetapi maksud integrasi inilah yang dikedepankan oleh Google Wave didalam servisnya nanti. Google Wave ini dapat anda integrasikan ke dalam website anda dengan mudah. Wave yang dimasukkan ke dalam website kita nantinya mendukung fungsi Drag and Drop file yang anda inginkan kedalamnya.

Informasi komplit dapat dilihat disini seputar Wave Robots.
Wave Embed
embed

Fungsi Embed dari Wave ini masih dalam tahap awal pengerjaan dan Google telah membuat 2 jenis dari ini yaitu: YouTube Playlist Dicuss dan Multiple Extensions Embed. Anda dapat melakukan diskusi tentang video dari YouTube didalam Wave dan anda dapat menyertakan interaksi lainnya dalam satu halaman Wave.

Satu Kemungkinan yang mungkin dibuat oleh Wave yaitu: Google Wave Embed ini mungkin nantinya akan dipakai sebagai pengganti alat komentar yang selama ini berfungsi statis didalam website menjadi Real-Time. Jika Google nanti berhasil menciptakan Wave Embed ini nanti anda akan melihat komentar di YouTube terganti oleh Wave. Ini hanya perkiraan para developer, tetapi tidak ada salahnya juga kita mengetahui apa yang akan berubah nantinya di dalam dunia Web.

Jika anda ingin mengetahui jauh lebih dalam tentang Wave Embed ini, datanglah ke situs ini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.
Edukasi Komplit tentang Google Wave
logo

Google Wave Federation Protokol: ini adalah website informasi terlengkap seputar Wave Protokol yang disediakan oleh Google.

Google Wave API: ini website dibuat untuk para Developer jika ingin membuat aplikasi Google Wave

Google Wave Updates: Informasi seputar Google Wave terbaru dan tempat pendaftarannya.

One thought on “PANDUAN GOOGLE WAVE

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s