Sail Bunaken berbiaya Rp 30 miliar diyakini tak terpengaruh isu bom

Jakarta – Ledakan bom di Hotel Ritz-Carlton dan JW Marriott, Jakarta, Jumat pekan lalu, dinilai tidak mempengaruhi peserta yang akan ikut Sail Bunaken 2009 di Manado, Sulawesi Utara. Sampai saat ini belum ada peserta asing yang mengundurkan diri.

“Kami sudah antisipasi.dengan menurunkan pengamanan gabungan dengan sistem terbuka dan tertutup. Gabungan anggota keamanan seperti dari Polri sudah siap menurunkan 2.200 personil dan TNI AL 500 personil pasukan Katak ditambah lagi dari Departemen Kelautan dan Perikanan (DKP),” kata Dirjen Pengawasan dan Pengendalian Sumberdaya Kelautan dan Perikanan Departemen Kelautan dan Perikanan (P2SDKP-DKP) Aji Sularso di Jakarta, Kamis (23/7).

Aji menambahkan, ia telah meyakinkan para peserta Sail Bunaken bahwa Indonesia aman dan nyaman untuk dilayari karena jalur laut di kepulauan Nusantara merupakan yang terbaik di dunia. Hal itu dibuktikan dengan kenyataan hingga saat ini belum ada satupun peserta kapal asing yang mengundurkan diri.

Sekarang sudah tiba 122 kapal Yacht Rally di Saumlaki dan sedang menuju ke Ambon, yang berangkat dari Darwin pada 18 Juli lalu. Sedangkan kapal yang berangkat dari Kinabalu Malaysia pada 3 Agustus sebanyak 27 yang akan memasuki Indonesia melaui Tarakan dan selanjutnya menuju Bitung.

Kapal Yacht Rally akan mengunjungi 14 kabupaten/kota pesisir dan akan berdampak positif bagi promosi potensi daerah serta dapat menumbuhkan perekonomian lokal.

Sail Bunaken didanai dari APBN sebesar Rp 30 miliar. Bantuan kepada TNI AL untuk menghadirkan sejumlah KRI dan biaya Fleet Review serta anggaran kepanitiaan pusat diambil dari anggaran rutin DKP sekitar Rp 11 miliar.

Ia menjelaskan, pada hari pertama pembukaan Sail Bunaken Menteri Kelautan dan Perikanan akan menanam 3000 manggrove. Sail Bunaken ini akan memecahkan rekor selam dunia karena akan diikuti oleh 1500 penyelam di luar taman nasional dengan kedalaman minimal 12 meter dari kedalamam pantai agar tidak merusak terumbu karang.

Persiapan Sail Bunaken sudah sekitar 90 persen dan acara puncaknya diadakan di Manado. Sail Bunaken 2009 merupakan even bahari terbesar abad ini dan digelar di Bitung, Sulawesi Utara 12- 20 Agustus 2009.

SUMBER : PRIMAIR ONLINE

One thought on “Sail Bunaken berbiaya Rp 30 miliar diyakini tak terpengaruh isu bom

  1. Salam kenal sobat.saya ingin menawarkan kepada anda untuk berbisnis atau mencari uang tambahan lewat internet, meskipun hasil yang kita peroleh pada awalnya tidak terlalu banyak tapi jika anda benar-benar berniat melakukannya maka hasil yang dapat kita peroleh bisa mencapai puluhan bahkan ratusan juta. Bila anda berminat, maka lakukan promosi dengan cara yang saya lakukan. Tapi bila anda terganggu dengan komentar saya, silahkan delete saja.silahkan klik link dibawah ini jika anda berminatKOMISI GRATIS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s