Musik, Ampuh Usir Ketegangan Sama dengan Pijat

Musik, Ampuh Usir Ketegangan Sama dengan Pijat

Apakah Anda merasa tegang, namun sulit untuk mengunjungi tempat pemijatan untuk rileksasi? Mendengarkan musik bisa jadi jawabannya. Namun, apakah benar-benar bisa bermanfaat?

Pijat diketahui dapat mengurangi ketegangan, namun nyatanya manfaat tersebut dapat juga diperoleh dari mendengarkan musik yang lembut dan menenangkan.

Sebuah penelitian menunjukkan, rata-rata pasien mengalami gejala ketegangan setelah tiga bulan merasakan rangkaian 10 jam pemijatan. Namun, peneliti terkejut ketika mereka menemukan, pijat justru tidak mengurangi ketengangan lebih banyak dibandingkan berbaring sambil menikmati musik.

“Kami sangat terkejut ketika menemukan manfaat dari pijat tidak lebih banyak dibandingkan beberapa sesi dari mendengarkan musik yang menenangkan,” ujar Peneliti senior Karen J Sherman dari Group Health Research Institute.

Penelitian itu merupakan yang pertama menguji mengenai efektivitas pijat untuk perawatan pada pasien termasuk untuk gejala-gejala ketegangan.

Para peneliti secara acak meminta 68 pasien yang mengalami keteganan untuk melakukan tiga cara perawatan. Sebagian menerima 10 jam sesi pemijatan dengan musik, sebagian lagi diminta menarik nafas panjang sambil berbaring dan mendengarkan musik. Sementara, pasien di kelompok ketika, tangan dan kakinya dibalut dengan handuk hangat sambil mendengarkan musik.

Seluruh kelompok tersebut tidak menunjukkan perbedaan selama tiga bulan.

“Namun, perawatan di ruangan kedua untuk berbaring dan mendengarkan musik lebih murah dibandingkan perawatan lain seperti pijat dan thermotherapy. Bisa menjadi pilihan yang hemat bagi orang-orang yang mengalami gejala-gejala
ketegangan yang ingin mencoba rileksasi sebagai tambahan dari obat-obatan,” tutur Karen.

SUMBER : REPUBLIKA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s