PC di Negeri Awan

Browser sebagai pusat kendali

Salah satu teknologi Cloud PC yang bisa Anda jajal adalah http://www.mygoya.de/us. Pem­­­buatnya (Magix) menyediakan sis­tem operasi Cloud PC gratis, myGOYA, yang bisa diakses melalui browser. Agar dapat mengakses myGOYA, install terlebih dulu Adobe Flash Player dan Java Run­time Environment (JRE) di PC Anda. Sete­lah berha­sil melakukan registrasi di myGOYA dan login ke desktop-nya, akan tersedia banyak aplikasi, seperti Private Mes­senger, File Manager, Contacts, Bookmarker, Flickr, dan pengolah teks.

Selain itu, dengan account tersebut An­da juga dapat mengakses layanan lainnya dari Magix, seperti Magix Website Maker. Namun, karena gratis, hard disk online-nya yang hanya sebesar 512 MB me­mang minim dan tidak bisa diperbesar. Apabila Ingin layanan yang lebih mewah? Anda dapat mencoba icloud (http://icloud.com). Jangan tertipu dengan tampilan desktop-nya (kombinasi XP dan Vista), karena di baliknya tersembunyi Linux dengan interface yang telah dimodifikasi.

Di icloud Anda mendapatkan kapasitas penyimpanan 3 GB yang masih bisa Anda per­luas. Me­lalui “Cloud Drive | Shared | Search” Anda mengakses file-file pada hard disk PC Anda yang biasa. Lebih banyak lagi: Buka menu Start icloud, di sana pilih “Internet | Browser”. Dengan cara itu, Anda bisa berselancar dengan PC online sambil memperbesar kapasitas penyimpanannya melalui layanan lain, seperti http://www.humyo.com (10 GB) atau http://www.adrive.com (50 GB).

Pada proses penyimpanan pada hard disk online, Anda akan menemui beberapa hambatan. Sela­ma Anda hanya memindahkan file dalam PC online, koneksi DSL “lambat” berkecepatan 768 Kbps sudah mencukupi. Bahkan, film pun dapat di-playback dengan mulus, karena icloud mentransfer video dengan kompresi kuat ke brow­ser. Namun, bila Anda meng­-up­load film, kecepatan upload yang lambat akan menghambat kesenangan Anda. Dengan teknologi baru yang mahal seperti V-DSL masalah ini tersingkir untuk selamanya (lihat tabel).

Upload-nya dilakukan de­ngan client WebDav yang bisa Anda download dari website icloud. Apabila Anda meng-install-nya pada PC biasa, Anda dapat mentransfer film ke PC online dengan nyaman.

Cara istimewa: Menyewa XP
Kebanyakan pengguna tidak mengalami masalah dengan icloud. Namun, bila Anda harus terus menggunakan Windows, misalnya karena aplikasi tertentu atau harus berbagi PC online dengan keluarga, Anda perlu menempuh jalan khusus yang untuk alasan lisensi Windows tidak mungkin gratis.

Pada layanan Nivio (http://geneva.nivio.com) yang berasal dari Swiss, Anda dapat mencoba XP dalam layout klasik beser­ta berbagai aplikasinya. Tarif sewa XP yang disebut “nDesktop” ini berkisar US$ 7/bulan. Untuk aplikasi seperti Office 2007, harganya berkisar US$ 4/bulan. Freeware seperti WinAmp di Nivio juga tersedia gratis. Melalui “Demo | Try Live Demo”, Anda dapat mencoba nDesktop secara cuma-cuma. Nivio juga menyediakan hard disk online 10 GB yang bisa diperluas melalui http://www.humyo.com dan sebagainya tanpa masalah.

Penyedia (Cloud) PC Gratis: Hadir di Mana-Mana
Icloud, Nivio, dan myGoya bukan satu-satunya penyedia PC online gratis. Hadirnya tek­nologi web baru, seperti Ajax dan Microsoft Silverlight mendorong semakin banyak tersedia sistem operasi berbasis cloud yang berfungsi dalam browser. Beberapa penyedia layanan yang ada dapat Anda temukan pada tabel di bawah ini.

Sebagai langkah per­tama, lihatlah pada kolom “Teknologi web”, apakah teknologi yang diterapkan layanannya didukung oleh PC atau smartphone Anda. Kriteria kedua adalah sistem operasi dan kapasitas hard disk yang tersedia gratis. Website streaming TV Internet dari AS bia­sanya memblokir akses dari luar negaranya. Jadi, pertimbangkan di mana lokasi Cloud (server) tersebut. Apabila lokasinya berada di AS, Cloud PC Anda akan mendapat alamat IP AS. Itu berarti Anda pun bisa mengakses website tersebut.

SUMBER : CHIP ONLINE

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s