Telkom Sudah Habiskan US$ 50 Juta untuk Palapa Ring

PT Telkom telah menggelontorkan dana sekitar US$ 50 juta untuk membangun infrastruktur Palapa Ring di Mataram dan Kupang. Dana yang keluar ini berarti sudah setengah dari total investasi proyek Palapa Ring yang digawangi Telkom di Indonesia Timur yang senilai US$ 90 juta.

Hal tersebut diungkapkan oleh Sudiro Asno, Dirut Keuangan Telkom, saat ditanya berapa dana yang dihabiskan untuk membangun infrastruktur tersebut . “US$ 50 juta, itu kisarannya,” ujar Sudiro, di sela ajang Bali Telkom International Confrence (Batic) 2010 di Nusa Dua Bali, Rabu (4/8/2010).

Dibanding dua pemenang tender Palapa Ring lainnya — Indosat dan Bakrie Telecom — Telkom memang menjadi operator yang memiliki dana pengembangan infrastruktur Palapa Ring paling besar. Dari total anggaran senilai US$ 150 juta, sebesar US$ 90 juta di antaranya disiapkan oleh operator pelat merah itu.

“Proyek ini (Palapa Ring Mataram-Kupang, red.) diperkirakan selesai 400 hari sejak kick-off yang dilakukan oleh Presiden SBY awal Mei lalu. Diharapkan di akhir 2011, proyek ini bisa selesai dan bisa dinikmati masyarakat Mataram dan Kupang,” kata Sudiro.

Ia menambahkan, sebelum pembangunan di jalur Mataram-Kupang selesai, Telkom pun bakal melakukan persiapan untuk merambah Papua dan balik lagi ke Manado.

Sebagai informasi, serat optik bawah laut sepanjang 1.041 kilometer kini telah dibangun Telkom melalui proyek Mataram Kupang Cable System. Proyek ini akan memiliki enam landing point di Mataram, Sumbawa Besar, Raba, Waingapu dan Kupang.

Selain itu, Telkom juga akan membangun jaringan inland cable sepanjang 810 kilometer dengan jumlah 15 node di kota Mataram, Pringgabaya, Newmont, Taliwang,
Sumbawa Besar, Ampang, Dompu, Raba, Labuhan Bajo, Ruteng, Bajawa, Ende, Maumere, Waingapu, dan Kupang.

SUMBER : DETIKINET

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s