Mari Memahami Memori

Tidak seperti komputer yang menyimpan setiap detail informasi dalam lokasi tertentu, otak manusia menyimpan memori secara tersebarke dalam berbagai neuron yang jumlahnya milyaran itu. Ini berarti kehilangan satu sel otak tidak akan berpengaruh pada kemampuan memori secara keseluruhan.

Bagaimana ingatan terbentuk
Hal ini diandaikan dengan Anda bertemu orang baru. Pertama kali Anda melihatnya, Anda langsung menyimpan detail ingatan tentang orang tersebut, mulai dari model rambutnya, suaranya, wangi parfum, atau bentuk tubuhnya. Detik itu pula hipocampus, yang mengatur daya ingat, langsung mengumpulkan seluruh rangsangan eskternal itu menjadi memori.

Seluruh memori yang penting akan melewati hipocampus sebelum mereka tertanam di benak Anda. Namun, hipocampus hanyalah langkah awal dari proses yang sangat kompleks. Setelah ditempa dalam berbagai komponen indrawi, memori tadi lalu didistribusikan ke dalam otak. Di kemudian hari, ketika Anda memikirkan orang tersebut, melihat wajahnya atau mencium parfumnya, seluruh komponen indrawi tadi akan disatukan kembali.

Apa fungsi testosteron dalam membantu ingatan
Testosteron ibarat otot untuk membentuk ingatan kita. Dalam studi yang dilakukan tim dari Oregon Health & Science University diketahui bahwa pria yang mengonsumsi obat yang didesain untuk menghentikan produksi testosteron ternyata memiliki kemampuan mengerjakan tugas verbal dan memori yang jauh lebih buruk dibanding orang yang tidak mendapat obat. Percobaan pada hewan menunjukkan, ketiadaan testosteron akan menyebabkan koneksi antar-neuron atau sel otak menjadi hilang.

Mengapa terjadi amnesia
Jangan jadikan film atau sinetron sebagai referensi Anda tentang kasus amnesia. Sesungguhnya amnesia yang sangat buruk sampai tak ingat apa-apa lagi sangatlah jarang terjadi. Bila amnesia semacam itu terjadi, maka hal itu biasanya disebabkan oleh trauma psikologis yang sangat berat, bukan karena benturan di kepala.

Menurut Alan Baddeley, penulis buku Your Memory: A Users Guide, benturan pada kepala biasanya hanya menyebabkan amnesia ringan. “Dalam kondisi ini, Anda masih bisa mengobrol dengan orang lain, termasuk mengingat nama dan detail lain. Tapi, bila Anda meninggalkan ruangan dan kembali 10 menit kemudian, Anda tak ingat lagi siapa yang tadi diajak bicara,” katanya.

Mengapa kita sering lupa letak barang
Sesungguhnya tidak mungkin, dan tidak praktis juga, untuk mengingat seluruh detail kehidupan kita. Karena itulah, otak itu mengompensasikannya dengan membuat generalisasi ingatan yang disebut schemata. Misalnya saja, daripada mengingat setiap apel yang pernah Anda makan, otak kita menciptakan skema apel, yakni merah, keras, dan manis.

Oleh karena itu, akan sulit mengingat sesuatu yang tidak sesuai dengan skema, misalnya saja “kunci” = “lemari”. Dengan kata lain, wajar saja kalau terkadang kita lupa di mana meletakkan kunci. Pada manusia modern lupa kecil ini juga lebih banyak disebabkan karena kurangnya konsentrasi.

SUMBER : KOMPAS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s