Menjaga Tubuh Sehat di Kantor

Sekalipun pekerjaan di kantor cukup berat dan sibuk, tapi bukan berarti kita tidak bisa hidup sehat. Hidup sehat dapat kita jalani di kantor kita sendiri tanpa perlu ke Gym atau fitness center. Untuk memulai hidup sehat di kantor, pada langkah awal sebaiknya hindarilah mengemil saat bekerja, dan pada saat menuju kantin, pilihlah untuk berjalan kaki.

Untuk menjalani hidup sehat di kantor kita dapat memperhatikan tips dibawah ini :

1. Minum air putih yang cukup..sehari kira-kira 8-10 gelas akan membuat kita terhindar dari dehidrasi. Biasanya pada jam 3 sore kita mulai merasakan dehidrasi.

2. Snack untuk menemani anda bekerja sangat menyenangkan, namun tentu akan menambah kalori lebih banyak dari yang dibutuhkan sehingga lama kelamaan akan membuat berat badan menjadi naik. Jika lapar, silakan untuk memakan buah seperti buah cherry atau anggur.

3. Makan siang yang sehat baik dari cara penyajian maupun jumlahnya sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

4. Salah satu faktor penting untuk menjaga kesehatan dan stamina tubuh kita adalah dengan berolahraga.Salah satu caranya adalah jalan-jalan pada saat istirahat makan siang, selain membakar kalori, juga meredakan stress dan penyegaran sesaat setelah bekerja.

5. Mata lelah salah satu sindrom yang terjadi pada pengguna computer.
Menurut University of California di Davis, mata lelah dapat menyebabkan pusing,hilang konsentrasi dan juga silau.Untuk mencegah mata lelah jagalah jarak antara mata dan layar harus selebar lengan anda akan merasa nyaman dan tanpa harus mengerutkan mata untuk membaca. Jika anda tidak dapat membaca pada jarak aman tersebut..yang harus dilakukan adalah perbesar ukuran hurufnya.

6. Hindari Kepenatan
Kramer menjelaskan, proyek yang harus selesai tepat waktu..terlalu focus pada pekerjaan juga menurunkan kekebalan tubuh, namun ini biasanya tidak disadari sampai pada suatu saat stress meningkat dan akan merusak mood atau perasaan kita dan persahabatan.
Ini merupakan contoh stress lain biasanya disebut juga dengan kelelahan yang berpengaruh pada system kekebalan tubuh, susah tidur, dan sulit untuk berkonsentrasi..
Solusinya adalah sering-sering menarik napas panjang dan teratur. Jika perlu keluar sebentar, hirup udara segar, tarik napas panjang dan isilah paru-paru anda dengan oksigen. (udara ruangan ber-AC biasanya lebih lembab dan tidak sehat)

7. Tips ini yang paling disenangi untuk menjaga kesehatan kerja yaitu, berlibur.
Jonathan Kramer (clinical psychologist and president of Business Psychology Consulting) berkata bahwa, berlibur sangat penting untuk dilakukan, tentunya akan mengembalikan stamina anda seperti kita baru mengganti baterai pada tubuh kita. Liburan akan membantu anda melepaskan stress dan melepaskan lelah .
Kramer juga menjelaskan stress dapat membuat kita kehilangan kekebalan tubuh, meningkatkan resiko terserang penyakit, jadi minimalkan penyebab tersebut yaitu dengan cara berlibur.

8. Keyboard, mouse dan telepon merupakan salah satu tempat bakteri dan virus berada dan dapat membuat anda sakit. Maka setiap habis memakainya bersihkanlah.

Menurut Science Daily,100th General Meeting of the American Society for Microbiology, Virus dapat bertahan lebih dari beberapa jam..bahkan berhari-hari dan menempel pada permukaan suatu benda..Pada permukaan telephone dapat dijumpai virus diare yang dapat menular secara cepat apabila telephone tersebut digunakan beramai-ramai.

Untuk membersihkannya, the National Consumers League menyarankan untuk menggunakan desinfektan yang dapat disemprotkan pada telephone dan sudah terjamin dapat mematikan virus tersebut dan sudah terdaftar.

SUMBER : BLOG DETIK

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s