Pleex: Cara Gampang Backup Data Ponsel

Ada beragam cara untuk mem-backup data ponsel. Cara pertama – dan umum dipakai – adalah menggunakan aplikasi standar bawaan ponsel. Data yang ada di ponsel disalin ke PC sebagai data cadangan.

Cara kedua, menggunakan layanan backup yang disediakan pada operator seluler. Saat ini, hampir semua operator GSM telah menyediakan layanan backup ini. Indosat menyebutnya My Back up, Telkomsel menamakannya Telkomsel Pelindung Dataku, sedangkan XL merujuknya sebagai layanan XL Phone book. Untuk menggunakan layanan ini tentu tidak gratis, Anda harus membayar biaya sewa ruang sekitar Rp 5 ribu – Rp 10 ribu setiap bulannya. Itu pun hanya mencakup phonebook.

Cara alternatif, Anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yang menawarkan semua layanan tersebut dengan gratis. Namanya Pleex. Aplikasi ini menawarkan kemudahan backup untuk semua data ponsel. Bukan hanya phonebook, tapi juga MP3, foto, video, dan sebagainya.

Tidak Terikat Operator
Dengan aplikasi ini, keamanan data Anda akan lebih terjamin karena tidak ada cerita lagi kehilangan data karena perangkat digondol maling. Yang paling menarik, berkat aplikasi ini Anda tidak terikat dengan operator seluler seperti pada cara back up yang kedua. Apa pun operator Anda asalkan bisa mengakses Internet dapat dipakai untuk mengakses layanan Pleex.

Aplikasi yang dapat beroperasi hampir di semua ponsel ini juga gampang dioperasikan. Cukup jalankan saja software ini dan klik “Save” untuk mengangkut semua data Anda ke server Pleex.

Pleex bukan hanya sekadar ruang simpan data backup. Data yang sudah di-backup itu bisa dikelola, edit, ditambahkan atau dihapus secara online. Anda juga dimungkinkan untuk mengekspor kontak dari PC dalam format CSV (spreadsheet) dan vCard. Anda bisa mengekspor foto ke Facebook, Blogger, dan Flicker serta mengimpor kontak dari Gmail dan Facebook.

Dengan fitur komunikasi Pleex Anda bisa chatting dengan rekan secara gratis melalui koneksi Bluetooth. Anda juga bisa bertukar profil dan saling berbagi data, dokumen, gambar, atau MP3 dengan pengguna lain.

Dalam distribusinya Pleex hadir dalam dua versi Standard dan Premium. Pengguna dengan versi premium bisa menikmati fasilitas tambahan berupa fitur penyimpanan kontak otomatis. Anda juga diperkenankan untuk mem-backup kalender, task dan notes di versi ini.

Fitur keamanan tambahan bagi pengguna premium bisa menghapus data dan memblokir telepon secara remote bila ponsel Anda hilang. Daya tampung datanya pun 10x lebih besar. Kapasitas yang tersedia mencapai 1GB dari standarnya yang “hanya” 100MB.

Sayangnya, fasilitas premium hanya tersedia bagi layanan berbayar. Sisanya tersedia gratis bagi pelanggan versi standar.

Kalau Anda tertarik untuk mencoba aplikasi ini, cobalah kunjungi http://en.pleex.com/mobile-cellphone-download. Di situs tersebut, masukkan Indonesia sebagai nama negara, lalu isikan nomor ponsel dan alamat e-mail Anda. Jangan lupa untuk memberikan tanda centang pada kotak cek I approve terms of use. Terakhir, klik tombol Register.

Kalau Anda sudah terdaftar, pilihlah layanan yang ingin Anda gunakan: Standar atau Premium. Saat memilih opsi ini seharusnya Anda sudah memperoleh link download melalui SMS. Kunjungi link tersebut sesuai dengan petunjuk. Kalau Anda tidak menerima SMS yang dimaksud, cobalah untuk mengunjungi http://m.pleex.com dari browser ponsel.

Sumber: Sinyal

Nama File: Pleex-240×320.cab, BlackBerry.alx, Blackberry.cod, Pleex.jad, Pleex.jar (Pleex)
Ukuran File: 500 KB
Situs download: http://en.pleex.com/mobile-cellphone-download
Jenis: Freeware
Publisher: Maeglin Software
Sistem operasi: Pocket PC, Black Berry, Java (J2ME)

SUMBER : KOMPAS

One thought on “Pleex: Cara Gampang Backup Data Ponsel

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s