WiMAX; Teknologi Nirkabel Unggul Saat ini

WiMAX adalah sebuah sistem komunikasi digital nirkabel, juga dikenal sebagai IEEE 802.16, yang dimaksudkan untuk wireless “metropolitan area network”. WiMAX dapat memberikan akses broadband nirkabel (BWA) sampai 30 mil (50 km) untuk stasiun tetap, dan 3-10 mil (5 – 15 km) untuk mobile station. Sebaliknya, WiFi/802.11 jaringan area lokal nirkabel standar terbatas dalam banyak kasus hanya 100-300 kaki (30 – 100m).
Dengan WiMAX, WiFi-seperti kecepatan data yang mudah didukung, tetapi masalah gangguan berkurang. WiMAX beroperasi di kedua lisensi dan non-lisensi frekuensi, menyediakan lingkungan dan layak diatur model ekonomi untuk operator nirkabel.

WiMAX dapat digunakan untuk jaringan nirkabel dalam banyak cara yang sama seperti WiFi yang lebih umum protokol. WiMAX adalah generasi kedua protokol yang memungkinkan penggunaan bandwidth yang lebih efisien, menghindari gangguan, dan dimaksudkan untuk memungkinkan kecepatan data yang lebih tinggi melalui jarak yang lebih jauh.

802,16 IEEE
mendefinisikan standar fitur teknis protokol komunikasi. Forum WiMAX menawarkan alat untuk menguji peralatan pabrik untuk kompatibilitas, serta kelompok industri yang didedikasikan untuk mendorong pengembangan dan komersialisasi teknologi.

Dalam WiMAX-enabled sistem pengawasan video, resolusi tinggi, video real-time dari masing-masing kamera keamanan dalam jaringan ditularkan dari beberapa unit pelanggan stasiun pangkalan untuk antena yang kemudian backhauled melalui Point to Point nirkabel radio pusat keamanan daerah yang mengendalikan semua kamera. Akibatnya, penggunaan WiMAX memberikan keuntungan sebagai berikut:

* Mengurangi biaya besar dan keterlambatan trenching untuk serat
* Cepat digunakan dan dikonfigurasi – operasional dalam beberapa jam
* Menyebarkan hampir di mana saja – di medan kasar, badan air dan daerah-daerah terpencil
* Carrier-kelas memastikan keandalan keamanan non-stop
* Kapasitas tinggi, konfigurasi dan aman dijamin broadband nirkabel untuk QoS
* Mengaktifkan real-time transmisi dari dan kontrol kamera pengintai
* Ketika terintegrasi dengan jaringan Wi-Fi, memungkinkan pemantauan jarak jauh dan mobile (melalui PDA, PC, laptop, dll) dan meningkatkan ROI

Biaya-Efektif

Biaya jaringan berbasis serat secara signifikan lebih untuk menyebarkan daripada sistem WiMAX yang setara, sering mengenai 5x-10x lebih. Tembaga menggelar jaringan broadband baru adalah sebagai mahal seperti jaringan serat dan tidak praktis untuk jarak menengah dan panjang deployment. WiMAX tidak hanya lebih efektif biaya, tetapi juga memberikan manfaat tambahan skalabilitas yang didasarkan pada kebutuhan bandwith.

Cepat dikerahkan

Ketersediaan serat tembaga dan tergantung pada lokasi, membuat peningkatan ekonomi infrastruktur kabel yang ada tidak praktis di banyak daerah. WIMAX, di sisi lain, dapat digunakan secara virtual di mana saja, termasuk melalui badan-badan air, kasar medan, dan lokasi terpencil. Jaringan WiMAX dapat memasang pada jam atau hari (bukan minggu atau bulan), menghilangkan waktu tunggu yang panjang dan kanan-of-cara isu-isu yang terkait dengan trenching untuk serat.

Fleksibel dan Scalable

Dalam banyak kasus penggelaran solusi kabel membutuhkan trenching, yang dapat menimbulkan sejumlah masalah. Tidak hanya itu jauh lebih mahal, tapi dalam skenario di mana akan memerlukan trenching langsung menghancurkan bangunan bersejarah atau trenching melalui persimpangan yang ramai, dengan cepat menjadi tidak layak.

WiMAX solusi, sebaliknya, memberikan fleksibilitas tak tertandingi. Jika jaringan keamanan menggunakan infrastruktur untuk konektivitas nirkabel, kamera tidak perlu secara permanen terletak di sebelah sambungan jaringan kabel. Diperlukan, kamera dan unit pelanggan dapat dipindahkan ke lokasi baru dan dapat berhubungan kembali dalam beberapa menit. Kelas carrier-solusi WiMAX yang tersedia bahkan untuk skala yang paling besar video surveillance penyebaran, dan tersedia dalam ruggedized kandang untuk ditempatkan di semua kondisi cuaca. Solusi yang lebih ekonomis juga tersedia untuk lebih kecil, lebih anggaran penyebaran sadar.

Highly Reliable

High-end sistem WiMAX mendukung hingga 99,999% ketersediaan, memungkinkan hampir non-stop monitoring dan pengawasan. Sistem nirkabel dengan ketersediaan 99,999% hanya 5 menit dari down selama satu tahun.

High Capacity
Video adalah aplikasi intensif bandwidth dan memberlakukan persyaratan ketat bandwidth. Jaringan kabel skala seringkali tidak cukup cepat untuk memenuhi permintaan bandwidth yang tumbuh. Tapi dengan kemampuan WiMAX untuk menyediakan bandwidth 54 Mbps, sangatlah cocok untuk membangun cepat keluar dari jaringan berkapasitas tinggi.

Mobile

Melekat diikat un-sifat produk WiMAX penggelaran menyederhanakan sistem mobile. Ini termasuk pengangkutan dalam jumlah besar data kendaraan untuk mobile video pemantauan. Hal ini dicapai dengan mengerahkan pelanggan ponsel dalam penegakan hukum unit kendaraan, yang menerima video dari stasiun pangkalan tetap unit. Akibatnya, kendaraan polisi dapat melihat secara real-time video streaming pengawasan dari TKP sebagai drive ke lokasi, memungkinkan mereka untuk lebih siap pada saat kedatangan.

Ingat WiMAX’s Bigger Picture

Semudah itu adalah untuk mendapatkan terperangkap dalam semua “WiMAX vs LTE” hype, penting bahwa kita ingat untuk mempertimbangkan gambaran yang lebih besar ketika datang ke WiMAX sebagai teknologi. WiMAX bukan semata-mata mil terakhir teknologi akses, dan masa depan tidak terpaku semata-mata untuk kesuksesan sebagai teknologi akses 4G. Banyak aplikasi bandwith tinggi – dan terutama yang berkembang pesat, multi-miliar dolar setahun pengawasan video pasar – adalah sepenuhnya tergantung pada performa tinggi dan konektivitas nirkabel backhaul solusi, dan point-to-multipoint teknologi seperti WiMAX sesuai dengan tagihan dengan sempurna untuk menyampaikan aplikasi tersebut.

Aku akan bicara tentang aplikasi lain untuk WiMAX / point-to-multipoint teknologi dalam beberapa pekan mendatang, juga, untuk menyoroti berbagai peluang pasar untuk teknologi. Sementara itu, saat Anda mengikuti liputan media WiMAX dan prospek masa depan, ingatlah bahwa itu lebar besar dunia nirkabel di luar sana, dan terakhir mil BWA bukan satu-satunya permainan di kota untuk WiMAX.

SUMBER : BLOG

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s