Para Guru Masih Mengungsi, Gunung Sinabung Berasap

Sekolah-sekolah di dekat Gunung Sinabung, Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut) banyak diliburkan hari ini. Gara-garanya, banyak guru yang masih mengungsi akibat keluarnya asap dari Gunung Sinabung.

“Hari ini sekolah-sekolah pada diliburkan semua. Ada satu dua SMP di Sigarang-garang libur semua. Dari pemberitahuan anak-anak gurunya belum pulang dari ngungsi,” ujar Terkelin Sembiring, warga Desa Kuta Gugung, Kecamatan Naman Teran, Kabupaten Karo kepada detikcom, Sabtu (28/8/2010).

Aktivitas penduduk pun, imbuh Terkelin, baru pulih 30 persen. Masih banyak warga yang bertahan di tempat mengungsi di pendopo Kabupaten Karo.

Hingga hari ini, imbuh Terkelin, Gunung Sinabung masih mengeluarkan asap putih kendati tidak setebal asap yang dikeluarkan pada Jumat kemarin. Bau belerang juga masih menyengat. Terkelin mengeluhkan tak adanya bantuan kesehatan dari pemerintah daerah, padahal penduduk di sekitar gunung banyak yang mengalami sesak napas karena bau belerang.

“Setidaknya mereka (Pemda) kirimkan tim kesehatan dan memberi tahu apa yang sebaiknya dilakukan. Disuruh memakai masker dari mana. Mestinya dikasih petunjuk, apa sapu tangan dikasih air atau bagaimana. Orang-orang sudah mengalami sesak bernafas,” keluh Terkelin.

SUMBER : DETIK

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s