Mudah, Murah, Sejuta Manfaat

Rasa-rasanya tidak terlalu berlebihan bila menyebut air putih demikian. Mengapa tidak? Kenyataan bahwa air putih mudah didapat. Murah jika kita ingin membelinya. Dan yang terpenting, manfaatnya bagi tubuh. Banyak sekali!

Sekitar delapan puluh persen tubuh manusia terdiri dari air. Otak dan darah adalah dua organ penting yang memiliki kadar air di atas delapan puluh persen. Otak memiliki komponen air sebanyak sembilan puluh persen, sementara darah memiliki komponen air 95%. Para dokter menyarankan agar mengonsumsi air putih antara delapan sampai sepuluh gelas setiap hari agar metabolisme tubuh berjalan baik dan normal. Meski sebagian besar tubuh kita terdiri dari air, kekurangan air putih mungkin tidak menimbulkan efek secara langsung bagi tubuh. Tapi jika berkelanjutan, sungguh berbahaya. Bayangkan saja jika tubuh kita yang sebagian besar terdiri dari air, tidak mendapatkan air yang cukup? Memang sulit untuk dibayangkan. Jika Anda ingin tahu, silahkan mencobanya sendiri.

Banyak mengkonsumsi air putih tidak ada ruginya. Malah itu yang disarankan. Hanya, jika terlalu banyak, mungkin kita akan menjadi lebih sering buang air kecil. Air putih diyakini dapat membantu menyembuhkan berbagai penyakit seperti jantung, rematik, kerusakan kulit, penyakit saluran pernafasan, usus, dan lain-lain. Saya sendiri mempunyai pengalaman berkenaan dengan air putih. Suatu hari, saya pernah merasakan sakit yang amat sangat di perut bagian kiri. Awalnya saya menduga hanya penyakit biasa. Tetapi rasa sakit itu tak kunjung hilang. Sampai-sampai untuk berjalan pun saya mengalami kesulitan besar. Akhirnya, saya memanggil seorang dokter ke rumah. Setelah dokter memeriksa saya, kemudian beliau menanyakan kepada saya, berapa banyak air putih yang saya minum hari ini. Saya berusaha mengingat-ingat. Memang beberapa hari terakhir, saya kurang minum air putih. Sebelum pergi, dokter berpesan agar saya mengkonsumsi air putih delapan gelas sehari. Ternyata manjur. Rasa sakit berkurang, hingga akhirnya hilang keesokan harinya. Terkadang, saya lupa tidak minum air putih. Kemudian, perut saya kembali sakit. Maka saya segera mengambil air putih sebagai obat saya. Hasilnya, sakit perut pun lagi-lagi hilang.

Tidak hanya menyembuhkan penyakit, air putih juga mempunyai khasiat untuk kecantikan. Meminum air putih sesuai anjuran, dapat membantu merawat kecantikan. Kulit menjadi tidak keriput dan tidak kering Kulit yang mengandung cukup air terlihat segar.. Karena tubuh menyerap kandungan air dalam kulit.

Air putih bermanfaat bagi semua makhluk hidup. Manusia, hewan, tumbuhan, semua membutuhkan air putih. Yukk Mulai pola hidup sehat dengan membiasakan diri minum air putih delapan sampai sepuluh gelas setiap hari =)).

SUMBER : KOMPAS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s