Scan virus secara Online dengan 36 Antivirus terbaru

Gara-gara heboh soal virus di program karya lucuBRB ( Folder Lock Password Recovery ) versi pertama. Saya “terpaksa” nunut nyecan program Folder Lock Password Recovery jilid 2 ke rumah tetangga. Hi Hi Hi. Mengapa ??? Karena di komputerku nggak ada Antivirusnya. Ini tentu bukan hal yang patut ditiru sodara-sodara . Jadi nggak perlulah yang jelek-jelek kayak gini kalian tiru saudara sebangsa setanah air.

Gara-gara heboh itu juga – setelah tak pikir-pikir aku mendadak kepikiran kalo sebenarnya ada cara lain untuk melakukan scan virus terhadap file tanpa harus install antivirus. Caranya ya scan virus secara online gitu lho. Tahu gini nggak perlu aku repot-repot update AVG tetangga segala cuma untuk menyecan karya cipta LucuBRB itu. Hi Hi Hi emangnya lagu ya karya cipta ?

He he he, wahai LucuBrb dikau sudah ditangkap trantip belon ya ??? Aku lagi membahas dikau lagi nih. Hi Hi Hi…-

OK saudara sebangsa setanah air. Kalau anda kebetulan mendapatkan file yang membuat anda kurang tenang, anda curigai mungkin bervirus. Selain anda scan dengan Antivirus terbaru yang anda install di komputer anda. Anda mungkin juga tertarik menscan file tersebut secara onlline. Bukan Online banget sih. Tapi intinya file anda kirim, diterima lalu anda tunggu sebentar. Hasil scannya langsung bisa anda lihat. Enak khan ? Ya memang lumayan enak sih. Lebih-lebih bila file yang anda curigai cukup kecil – jadi bisa terkirim dengan cepat. Memang biasanya ukuran virus cukup kecil khan ???

Caranya gampang anda masuk saja ke situs : http://www.virustotal.com

Upload file yang ingin anda scan.

Silakan tunggu sebentar. Maka anda akan mendapatkan laporan lengkap dari berbagai Antivirus update terbaru. Saat saya menulis tulisan ini Antivirus yang dipake 36 buah termasuk Antivirus populer semacam Avast, AVG, Kaspersky, Simantec, Norman, Panda, dan masih banyak lagi. Anda lihat sendiri deh.

Lumayan keren khan. Tidak tanggung-tanggung file anda discan oleh 36 Antivirus sekaligus.

Coba bayangkan kalo Antivirus sebanyak itu anda install di komputer anda. Hi Hi hi….
Bisa malah jadi almarhum komputer anda kebanyakan antivirus.

Sebagai bahan percobaan untuk memeriahkan suasana – Program buatan Mas LucuBRB saya jadikan kelinci percobaan. Program yang mana ? Ya program Folder Lock Password Recovery jilid 2. Program untuk mengintip password Folder Lock itu lho. Bagi rekan-rekan yang barusan ngintip blogku. Silakan lihat pembahasan sebelumnya di :
http://lovepassword.blogspot.com/2008/08/memakai-folder-lock-password-recovery-v.html

Saya kirimkan program keren itu ke http://www.virustotal.com, lalu saya tunggu hasilnya. Bagaimanakah hasilnya ???

Bagaimana hayo ???

Hi Hi hi….

Hasilnya ternyata bervariasi saudara sebangsa setanah air . Anda bisa ngintip hasilnya di :

http://www.virustotal.com/analisis/25346f6fe899a0f9c894b46609225b56

Dari 36 Antivirus yang menyecan, 16 AV memberikan tanda merah – yang kurang lebih artinya peringatan kali ya. Sedangkan sisanya yaitu 20 AV mengatakan nihil atau aman.

Jadi bahasa gaulnya : Kurang lebih 44% Antivirus mengkhawatirkan program ini, sedangkan sisanya yaitu kurang lebih 56% Antivirus “meyakini” kalo program ini aman.

Antivirus yang mengatakan aman adalah Antivirus-antivirus yang populer di Indonesia, misalnya : AVG, Avast, Kaspersky, Simantect, McAfee, Norman, dsb. Sedangkan yang memberi tanda merah antara lain : Panda, PC Tool, ClamAV, Trend Micro, dsb. Dan alasannya : Kelihatannya masalahnya pada packer lagi Hi hi hi.

Kalo anda kebetulan programmer komersial, maksudku ingin membuat program yang dikomersialkan /dijual. Mungkin ada baiknya juga bila mengecek program buatan anda dengan situs ini. Maksudku agar anda tahu packer yang anda pakai membuat serem atau nggak bagi pengguna program anda.

Sekarang pertanyaan saya : Kalo rekan-rekan menjumpai kondisi ajaib seperti ini : Hampir fifty-fifty. Kurang lebih setengah Anti virus yang mengatakan OK, sedangkan setengah sisanya mengatakan agak serem. Lalu apa langkah anda selanjutnya ??? Anda percaya antivirus yang mana ??? Bingung khan ?

Ada beberapa alternatif solusi di sini :

– Pertama : Kalo anda cukup punya kemampuan membaca program, serta memiliki sumber daya (komputer, dsb) yang cukup baik, anda mungkin tertarik untuk menganalisa program tersebut secara manual. Artinya : OK Antivirus tugasmu cukup sampe di sini Saya mau membedah programnya langsung. Atau boleh juga sih pake analisa tidak langsung.

Kebetulan temanku Mas Aris dari Topeng Digital lagi posting masalah bedah membedah ini. Rekan-rekan bisa ngintip salah satu cara bedah membedah di :

http://topengdigital.blogsome.com/2008/07/25/membongkar-file-exe-buatan-visualbasic-dengan-vb-decompiler-lite/

Karena biasanya virus itu dipacking, tentu packingnya juga perlu dibuka dulu. Salah satu contoh cara membuka packing bisa dilihat di :
http://topengdigital.blogsome.com/2008/07/23/membuka-file-exe-yang-diencrypt-upx/

Masalah caranya, sebenarnya sangat bervariasi termasuk bervariasi pusingnya juga – tergantung dari packing yang dipakai serta bahasa yang dipakai oleh programmernya. Tetapi ide dasarnya ya kurang lebih seperti yang diungkap temenku di Topeng Digital itu.

Harap diperhatikan juga, kalo memang anda sangat curiga bahwa file tertentu adalah virus, tentu baiknya proses analisanya tidak dilakukan di sembarang komputer. Apalagi di komputer yang anda pake kerja. Yang ideal pakailah komputer lain. Yang sedikit tidak ideal bisa juga memakai program tertentu yang bisa membuat semacam drive atau lingkungan virtual yang bisa diisolasi. Intinya : Jangan gegabah lah kalo bermain-main dengan virus.

– Lalu bagaimana bila kita tidak punya kompetensi maupun sumberdaya untuk menganalisa virus secara manual ??

Tentu ada berbagai alternatif solusi : Yang pertama meminta pihak lain yang bisa melakukan analisa secara manual. Kirimkan saja sampel file tersebut ke pakar-pakar virus yang terkenal baik hati. He he he…..-

Sedangkan bila anda males repot, ya terpaksa cuma berdoa saja atau beriman saja kepada Tuhan maupun “beriman” kepada programmernya yang mengatakan kalo program itu tidak bervirus. Kalo anda “tidak beriman” ? Yah jangan didownload. Kata GusDur : Gitu saja kok repot. He he he.

* NB : Untuk Mbak Dela Luthu yang lagi pusing karena murid-muridnya terlalu kreatif, sabar ya mbak. Orang sabar disayang Tuhan. Hi Hi hi. Link serta softwarenya lagi tak carikan.

OK, SALAM Semuanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s