Konsultasi Sehat

Apakah ibu hamil boleh mengkonsumsi food supplement?
Ibu Tari, Jakarta

Jawab:
Food suplement penting bagi wanita hamil karena selama kehamilan perlu tambahan bagi dirinya dan bayinya. Sehingga diharapkan pertumbuhan bayi dan kesehatan ibu selalu terjaga. Saran saya selain mengkonsumsi food suplement, coba Ibu Tari perbanyak pula konsumsi sayuran hijau, buahan-buahan, roti, kacang-kacangan dan tepung kedelai.

Saya (33 th) pegawai sudah berulangkali merasakan manfaat produk Ester C dari Holisticare baik yang kaplet maupun yang Effervescent. Yang ingin saya tanyakan, apakah produk tersebut juga bisa dikonsumsi oleh anak saya yang baru berusia 9 tahun, sebab anak saya ini susah sekali makan?
Ibu Sri Dewi Astuti, Medan

Jawab:
Holisticare Super Ester C maupun Holisticare Supreme Ester C Effervescent adalah vitamin C generasi terbaru yang dibutuhkan oleh siapa saja karena berguna untuk membantu 300 fungsi metabolisme di dalam tubuh. Hanya saja ketiga produk Holisticare ini berbeda dengan vitamin C biasa. Produk Holisticare yang mengandung Ester-C ini tidak bersifat asam sehingga aman bagi lambung. Selain mineral dan Kalsium, Vitamin C juga diperlukan bagi anak-anak untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan serta untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Jika terjadi kekurangan vitamin C akan timbul gangguan seperti sariawan, pilek dan batuk.

Saya ibu rumah tangga yang jarang sekali makan buah dan selalu berada di lingkungan ber- AC. Apakah ada makanan kesehatan yang dapat selalu menjaga kondisi tubuh saya yang malas makan buah?
Ibu Mery Handayani, Bekasi

Jawab:
Ibu dapat mengkonsumsi ketiga produk kami yaitu Holisticare Super Ester C, Holisticare Supreme Ester C, Holisticare Estercimin atau salah satunya saja. Sebab produk Holisticare mengandung Ester-C yang bermanfaat membantu menjaga stamina tubuh sehingga fungsi buah yang tidak dapat Ibu konsumsi setiap hari akan tergantikan. Dan yang perlu Ibu perhatikan, lingkungan ber-AC mampu merusak kelembapan kulit. Kulit akan terasa kering, kusam dan hilang kelembapannya. Makanya Ibu perlu mengkonsumsi Holisticare sebab produk ini memiliki serangkaian manfaat bagi keindahan kulit. Ester-C merupakan unsur yang sangat diperlukan untuk pembentukan kolagen, suatu bahan yang berperan dalam menjaga agar kulit tetap kencang dan lentur alias awet muda. Ditambah lagi Ester-C dapat dikelompokkan sebagai antioksidan, sama seperti vitamin A dan E. Sebagai antioksidan, Ester-C dapat mengenyahkan unsur-unsur radikal bebas yang dapat merusak keindahan kulit. Jadi, jika Ester- C dapat mencapai kulit secara tepat, ia dapat mengurangi jumlah keriput dan menambah kekencangan serta kelenturan kulit.

Saya dengar selama kehamilan, seorang wanita tidak boleh melakukan pencabutan gigi atau bedah, kenapa? Apakah ada produk Holisticare yang dapat membantu menjaga kesehatan gigi?
Suswita, Bogor

Jawab:
Benar, tindakan yang perlu dihindari bagi seorang wanita hamil adalah pencabutan gigi dan bedah terutama pada usia kehamilan triwulan pertama.

Alasannya:
– Komplikasi pascabedah atau pencabutan biasanya dapat terjadi infeksi. Dikhawatirkan, virusnya dapat membahayakan janin.
– Para ibu umumnya dihinggapi rasa takut bila giginya akan dicabut. Trauma psikis ini dihindari agar tidak mempengaruhi janin.
– Pemakaian obat bius tertentu dapat membahayakan janin. Kebanyakan kasus, wanita hamil tidak boleh menerima bius total. Obat bius yang mengandung adrenalin dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Kondisi ini dikhawatirkan akan berdampak pada tali plasenta dan dinding rahim. Bahkan pada usia kehamilan muda dapat menyebabkan keguguran.

Untuk mendapatkan gigi dan gusi yang sehat selama kehamilan, makanlah makanan yang kaya akan vitamin C. Kalau perlu minumlah Holisticare Super Ester C yang mengandung Ester-C dan Kalsium yang berkhasiat untuk kesehatan dan kekuatan gigi.

Saya adalah karyawan swasta yang gemar sekali menghabiskan waktu di kantor. Kebetulan memang banyak sekali tugas yang harus diselesaikan dan butuh penanganan cepat. Akhirnya saya pun jadi lupa makan siang karena asyiknya mengerjakan tugas kantor. Hal ini menyebabkan saya selalu sering pusing dan gemetaran bila terlambat makan. Bagaimana caranya agar tubuh tetap sehat dan tidak gemeteran lagi?
Boma Bisma, Cibinong

Jawab:
Jangan anggap remeh reaksi tubuh, karena bisa jadi itu sinyal yang perlu Anda waspadai. Kalau saja sedikit lalai maka tak mustahil Anda akan kekurangan nutrisi dan berakibat fatal. Salah satu reaksi tubuh Anda adalah gemetaran. Mengatasi kekurangan nutrisi ini Anda harus banyak makan makanan yang mengandung vitamin C, Zinc, dan folat. Tidak ada salahnya juga mengkonsumsi makanan kacang-kacangan, telur, daging merah, dan beberapa variasi vitamin.

Saya pria berusia 56 tahun, sudah lama merasakan jantung yang berdebar-debar. Saya akui kalau saya ini sering mengkonsumsi makanan yang berlemak. Apakah ada kaitan antara keduanya?
Hasan Sanusi, Majalengka

Jawab:
Sebenarnya yang paling banyak menyebabkan timbulnya penyakit jantung adalah adanya penyumbatan arteri atau ateriosklerosis. Dan yang menyebabkan arteri tersumbat dan terisi plak tersebut adalah tingginya tingkat lemak dan kolesterol. Apa yang menyebabkan tingginya kolesterol adalah makanan yang terlalu banyak lemak jenuh. Untuk kasus Bapak, sebaiknya kurangi konsumsi lemak hewani dan produk susu. Sebab kelompok tersebut memicu timbulnya penyakit jantung yang berdebar-debar itu.

Apa benar, mengkonsumsi vitamin C secara berlebih tidak baik untuk tubuh kita?
Sugito, Serang

Jawab:
Vitamin C dikenal paling aman dari semua jenis vitamin karena vitamin C dimetabolisme dengan sangat cepat. Tubuh kita hanya menggunakan vitamin C seperlunya dan sisanya akan dikeluarkan melalui urine. Pasien yang bermasalah dengan penyakit ginjal atau yang cenderung ke arah batu ginjal sebaiknya tidak mengkonsumsi vitamin C melebihi yang mereka butuhkan untuk mencegah sariawan.

Apakah vitamin C berbahaya bagi lambung?
Adeline, Bandung

Jawab:
Seperti namanya, Asam askorbat umumnya bersifat asam dan beberapa orang mempunyai masalah dengan pencernaan dengan bentuk vitamin C ini. Sebaliknya, Ester-C tidak bersifat asam sehingga dapat dikonsumsi dalam dosis yang lebih besar tanpa menyebabkan gangguan pada lambung. Ester-C juga aman dalam bentuk kunyah dan tidak akan merusal lapisan email gigi seperti vitamin C biasa.

SUMBER : HOLISTICARE

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s