5 Hal Penting Yang Harus Dihindari Saat Wawancara Kerja

POSTING BY ICT WATCH KING ALIBABA

Setelah mengirimkan surat lamaran kerja, proses selanjutnya jika memenuhi persyaratan dari perusahaan adalah panggilan test dan wawancara atau interview kerja. Biasanya juga, wawancara merupakan salah satu hal yang paling sulit bagi pencari kerja. Dan sayangnya, itu juga merupakan cara termudah kehilangan kesempatan kerja. “Kecelakaan wawancara terjadi pada semua orang, tetapi kunci untuk menghindari mereka adalah rileks dan menjadi diri sendiri,” jelas Laura Rose, pemilik Rose Coaching.
Hal yang terpenting untuk diakukan dalam wawancara atau interview kerja adalah penelitian. Ajukan pertanyaan yang tepat dan jawab pertanyaan-pertanyaan sulit sebagai cara untuk menghindari membuat kesalahan saat wawancara. “Yang terpenting lakukan penelitian perusahaan yang akan mewawancara Anda. Miliki daftar pertanyaan yang baik untuk orang yang mewawancarai Anda. Anda harus tampak seperti mengajukan pertanyaan yang memerlukan pemikiran dan bukan pertanyaan mencari informasi yang mungkin tersedia di website, “kata Debra Yergen, seorang penulis.
Berikut ini adalah tips yang berupa lima kesalahan besar yang harus dihindari saat wawancara atau interview kerja:
1. Pakaian yang tidak pantas
“Jika Anda berpakaian yang tidak profesional, Anda tidak akan mendapatkan pekerjaan, bahkan jika Anda adalah yang paling berkualitas,” kata konsultan citra, Sandy Dumont.

2. Mencoba untuk memimpin wawancara
“Banyak klien saya memiliki anak. Mereka memiliki kecenderungan untuk banyak bicara kepada pewawancara mereka. Begitulah cara mereka mengelola untuk didengar di rumah dan itu yang mereka sering lakukan dalam wawancara mereka,” kata Rory Cohen, seorang konselor karier. “Ketika Anda tidak mendengarkan, Anda tidak akan diundang kembali untuk wawancara kedua. Pewawancara, secara umum, ingin dan mengharapkan untuk berada di kursi pengemudi,” jelasnya.

3. Datang terlambat
“Jika Anda datang 15 menit lebih awal untuk wawancara kerja, Anda bisa pergi ke kamar kecil dan merapikan diri, kemudian berjalan santai dalam waktu sekitar 15 menit sebelum jadwal janji Anda,” kata Marie Applegate Prasad, pendiri WiSo Resume.

4. Membawa makanan sendiri atau minum
“Jangan membawa makanan atau minuman ke kantor pewawancara. Banyak makan atau minum menjadi gangguan besar dan beberapa orang sensitif terhadap bau,” kata Prasad. “Lebih baik jika anda menunggu sampai wawancara selesai,” jelasnya.

5. Melupakan informasi penting
“Pada selembar kertas tuliskan informasi berikut: perusahaan, alamat, nomor telepon, manajer yang mempekerjakan, orang yang dijadwalkan wawancara, posisi yang Anda lamar dan tugas pekerjaan,” kata Prasad. “Pelajari ini dan bawa pada hari wawancara Anda,” jelasnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s