Ingin Akun Sosial Anda Lebih Aman? Password Saja Tidak Cukup!

Anda mungkin sudah menggunakan password yang susah diterka untuk mencegah hacker mengambil alih akun Anda. Namun langkah pengaman ini rupanya belum cukup. Luangkan waktu Anda untuk memperkuat pengamanan pada akun-akun yang bertebaran di internet seperti yang ada di daftar berikut.

1. Selalu gunakan HTPPS. Klik bagian “Always use HTTPS” di Facebook, Twitter, Gmail, Google dan layanan online lainnya yang mendukung HTTPS. Tanpa HTTPS, terutama saat Anda memakai jaringan WiFi publik, maka seseorang bisa mencuri data login Anda via software pengintai.

2. Gunakan 2-step verification yang terdapat pada Google Accounts. Jadi jika ada yang mencoba menghack akun Google Anda dari komputer yang berbeda, maka mereka harus mengetikkan kode yang dikirimkan langsung ke ponsel Anda dalam bentuk SMS atau voice call.

3. 2-step verification juga bisa menjadi peringatan bagi Anda akan adanya aksi pembajakan. Apabila Anda mendapat SMS verification code (atau voice call) dari Google tanpa memintanya, maka ada kemungkinan seseorang mengetahui password Anda meskipun mereka tak akan mampu membobolnya tanpa kode tersebut.

4. Koneksikan nomor ponsel Anda dengan akun Facebook. Hal ini penting karena Anda akan mendapatkan SMS dan email tatkala akun Anda diakses dari komputer atau ponsel lain.

5. Tinjau ulang setiap situs pihak ketiga yang memiliki akses menuju akun sosialmu dan hapus aplikasi yang sudah tak lagi Anda pakai.

6. Pertimbangkan untuk memiliki dua (2) akun email, satu untuk ditaruh di blog atau situs-situs jejaring, satunya lagi untuk kepentingan yang lebih personal atau untuk urusan bisnis.

7. Gunakan password managers apabila Anda sering lupa data login Anda. Atau Anda bisa meletakkan semua password Anda di satu dokumen kemudian menguploadnya di layanan penyimpanan online yang terenkripsi seperti Dropbox. Dengan begitu Anda tak perlu takut lupa password dan Andapun bisa mengakses Dropbox dari komputer manapun.

SUMBER : INTERNET SEHAT

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s