Tips Aman dan Hemat Mengendarai Mobil Saat Mudik

Tips Aman dan Hemat Mengendarai Mobil Saat Mudik

Musim mudik sudah di depan mata. Selain kondisi fisik pengendara, yang perlu diperhatikan adalah kondisi mobil yang akan menyertai perjalanan mudik. Bagaimana persiapannya?

Head of Product & Price Division, PT Proton Edar Indonesia Robby Prakoso mau berbagi tips dalam menyiapkan kendaraan untuk perjalanan jauh. Safe and Save Driving pun diperlukan agar kendaraan bisa digunakan secara maksimal. Safe and save Driving ini terbagi dalam 3 bagian persiapan mengemudi (Prepare Driving), Selama perjalanan (During Driving), dan terakhir Apa yang dilakukan pengendara setelah sampai tujuan (After Arrived).

“Misalnya pada posisi badan disaat mengemudi, pengendara saya sarankan untuk memposisikan badan kurang lebih 75 derajat di saat berkendara, atau mungkin untuk pengendara yang telah mengganti pelek dengan ukuran yang lebih besar disarankan untuk mengganti kepada ukuran semula. Karena ini juga bisa membuat kendaraan lebih boros,” ujar Robby.

Persiapan Mengemudi (Prepare Driving).

Cek kendaraan anda Bengkel Resmi secara tertib sesuai jarak tempuh 10.000 km atau sesuai Owner Manual.

Cek kendaraan secara rutin dan sebelum dipakai luar kota dari sisi:

Oil system ( Engine, Transmission, Power steering, Brake and Clutch).

Cooling System (radiator & reservoir, kerja Fan/ kipas pendingin).

Wheel & Tire (Alignment, kondisi Wheel & Ban: ketebalan dan tekanan angin)

3. Setelah anda berada di dalam kendaraan :

Setel kaca spion dalam dan luar agar pandangan jelas dan tidak terhalang.

Setel posisi tempat duduk (Jarak antara tangan dengan setir sudut 75 derajat, dan posisi kaki dengan pedal serta posisi ketinggian setir terhadap pengemudi agar pandangan bebas).

Pasang sabuk pengaman sebelum menjalankan kendaraan.

Engine on dan cek fungsi indikator di panel instrument / dashboard.

Set up Hand Phone, GPS atau Peta jika tersedia sesuai tujuan.

Selama perjalanan (During Driving) : Aman dan Sehat

Tips Aman:

1. Posisi pengemudi saat mengemudi :

– Posisi tangan terhadap setir : 9 lewat 15 – jalan lurus (Straight).

– Posisi tangan terhadap setir : 10 lewat 10 – jalan sudut < 90 derajat (Chicane).

– Posisi tangan terhadap setir : 12 lewat 30 – jalan sudut > 90 derajat (hairpin).

– Posisi kaki terhadap pedal : Posisi di pedal dan di foot rest.

2. Jaga kecepatan kendaraan : dalam kota dan luar kota (jaga batas kecepatan minimal).

3. Mematuhi jalur dan marka jalan : terutama pada kondisi jalan macet.

4. Penggunaan sabuk pengaman dan jika ada anak menggunakan baby seater.

5. Cara membawa kendaraan:Kecepatan dan Putaran mesin (Sinkronisasi Speed vs Rpm).

Perlambatan (Engine Brake) dan Percepatan (Gradually & smooth).

6. Menghadapi banjir : cek airduct, tahan putaran mesin serta test rem.

7. Jadwal istirahat : jaga waktu tidak melebihi 3 jam & olahraga ringan/ peregangan.

8. Konsumsi : bawalah minuman Mineral water non soda, buah, makanan ringan

9. Perlengkapan perjalanan : P3K, Payung, Jacket, Topi dan tool kit.

10. Silahkan berkunjung ke POSKO Mudik PROTON untuk santai sejenak.

B. Tips Hemat BBM

Â

Kendaraan dalam kondisi prima – Perawatan berkala & Uji Emisi sesuai periode.

Rencanakan route perjalanan – Hindari rute yang berpotensi macet.

Kendaraan yang fungsional – hindari barang yang berat dan aksesoris kurang bermanfaat.

Sesuaikan tekanan ban dan sudut keselarasan roda – sesuai standard pabrikan.

Pemanasan mesin kendaraan yang efektif – temperatur mesin ideal.

Menyiasati kondisi jalan – mengatur sesuai kontur jalan (Stop & Go, UP & DownHill).

Gunakan Fitur Effisiensi – Mode di Transmisi, pantau tekanan pedal gas. Bila di mesin anda terdapat Average or Current Fuel Consumption dan Cruise control.

Gunakan bahan bakar yang sesuai spesifikasi.

Menjaga putaran mesin ( Rentang Torsi Maximum mesin) – perpindahan gigi.

Menjaga Kecepatan kendaraan dan jarak dengan kendaraan di depan (Convoy & Passing).

Setelah sampai tujuan

Â

Cek kembali kondisi kendaraan setelah perjalanan, meliputi : Body, engine, transmission , brake, undercarriages, ban dan velg.

Periksa dan apakah ada kemungkinan penggantian spareparts / material.

Cuci kendaran bagian luar dan dalam.

Lebih baik lakukan detailing terhadap body.

Dapat dilakukan rotasi roda termasuk balancing & spooring jika ada kelainan.

 Jika diperlukan bawa kendaraan kembali ke Bengkel.

SUMBER : DETIK OTO

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s