Topan Mendarat, Taiwan Evakuasi 8.000 Orang

Taiwan mengevakuasi ribuan orang, menutup gedung-gedung sekolah, dan menghentikan layanan kereta api, Senin (29/8/2011), karena topan Nanmadol menyapu beberapa daerah yang paling padat penduduknya di pulau itu.

Topan, yang menewaskan setidaknya 13 orang di Filipina pada akhir pekan, mendarat dekat kota Taitung di pantai timur Taiwan Senin dini hari, kata Biro Cuaca Pusat. “Ini adalah topan terburuk yang melanda Taiwan sejak Morakot, yang menyebabkan lebih dari 700 orang tewas atau hilang tahun 2009,” kata seorang pejabat biro itu. Topan perlahan-lahan bergerak ke barat laut dan mengemas angin sampai 137 kilometer per jam.

Pihak berwenang telah memindahkan lebih dari 8.000 orang ke tempat yang lebih aman, kata Pusat Operasi Darurat Pusat, pada saat topan pertama menghantam Taiwan tahun ini.

Kementerian pertahanan mengerahkan ribuan tentara untuk membantu evakuasi. Beberapa menerobos daerah-daerah banjir dengan kendaraan lapis baja. Tayangan televisi menunjukkan para prajurit berjalan melalui jalan-jalan desa di kabupaten Pingtung, di Taiwan selatan, membantu orang-orang yang rumahnya terancam banjir dan memindahkan mereka ke truk-truk militer. Kementerian pertahanan juga mengirimkan dua pesawat transpor C-130 untuk menyelamatkan 140 turis yang terdampar di pulau lepas pantai Matsu, menurut Taipei Times.

Pengelola Kereta Api Taiwan menangguhkan layanan di dua jalur kereta api dari Taitung, kota di mana topan itu mendarat. Topan itu membawa hujan lebat dan beberapa bagian Taiwan telah menerima hujan sebesar lebih dari 500 milimeter sejak Minggu pagi. Biro Cuaca Pusat mendesak masyarakat untuk menjauh dari pegunungan dan daerah dataran rendah karena ancaman banjir bandang dan tanah longsor.

Pada Senin pagi, Biro Konservasi Tanah dan Air telah mengeluarkan peringatan longsor untuk lebih dari 300 daerah. Bisnis ditutup di tujuh kota dan kabupaten di Taiwan selatan, dan di semua tempat kecuali dua kabupaten di pulau itu. Aktivitas belajar juga dibatalkan sama sekali.

SUMBER : KOMPAS.COM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s