Tubuh Tetap Siaga Tanpa Bantuan Kopi

Bagi Anda pecinta minum kopi, kurang nikmat rasanya jika memulai hari tanpa secangkir kopi hangat. Selain karena hobi, salah salah satu alasan terbesar banyak orang minum kopi umumnya adalah untuk menjaga kewaspadaan dan mencegah kantuk.

Tetapi perlu diingat, meskipun kafein menawarkan banyak manfaat, zat yang satu ini juga memiliki beberapa efek samping negatif. Konsumsi kopi secara rutin memiliki hubungan dengan risiko mengidap hipertensi dan denyut jantung yang tidak teratur.

Kopi bukanlah satu-satunya cara untuk Anda bisa tetap waspada dan terjaga. Bagaimana caranya? Ikuti beberapa tips sederhana berikut ini, seperti dikutip Healthmeup:

1. Memecah waktu makan: Sebuah riset yang publikasikan dalam American Dietetic Association menemukan, makan dalam porsi sedikit sepanjang hari dapat membantu meningkatkan energi dengan menyediakan vitamin dan mineral bagi tubuh. Oleh karena itu, peneliti menyarankan untuk membagi makanan untuk mempermudah proses pencernaan dan kelancaran keluarnya kadar glukosa darah. Riset yang dipublikasikan dalam British Medical Journal merekomendasikan untuk makan dalam porsi kecil secara rutin setiap hari. Hal ini dimaksudkan untuk memastikan pemeliharaan tingkat kolesterol tetapi dalam jumlah yang normal.

2. Hindari konsumsi daging berlebihan: Tahukah Anda bahwa ketika Anda mengonsumsi daging, sesungguhnya Anda menghabiskan lebih banyak energi dalam mencerna makanan tersebut? Ya, hal ini terutama karena daging memiliki protein yang sangat tinggi dan lemak yang relatif tinggi yang sulit untuk dicerna. Disamping itu, kehadiran hormon tertentu dan pestisida dalam daging juga dapat mempengaruhi tingkat energi Anda. Tapi ini tidak berarti bahwa Anda harus mengekang keinginan untuk makan daging Anda sepenuhnya. Makan daging dalam porsi yang seimbang dan tepat adalah adalah yang terpenting.

3. Hindari konsumsi gula berlebihan: Untuk mengatasi kelelahan di sore hari dan tetap energik tanpa bantuan kafein, sangat penting untuk menghindari godaan gula. Jam makan sore adalah periode di mana tubuh kita sangat rendah kadar gula darah. Biasanya, ini adalah waktu merasa sangat lapar dan butuh asupan tambahan makanan sebagai energi tambah dan kita sering mengatasi hal ini dengan mengonsumsi makanan yang manis. Sebaiknya, cobalah untuk mengendalikan godaan ini karena dengan mengonsumsi makanan manis akan menyebabkan tingkat energi Anda menurun.

4. Biji-bijian: Kebanyakan dari kita berpikir bahwa energi dapat digebrak seketika dengan menggonsumsi kopi dan produk berkafein lainnya. Tapi ingat, rangasangan energi tersebut tidak bisa Anda rasakan dalam waktu lama dan apabila efek itu hilang tubuh akan menjadi terasa lebih letih. Disinilah produk biji-bijian serelia utuh bisa datang untuk menyelamatkan Anda. Produk makanan ini bermanfaat khususnya dalam menjaga energi tetap stabil sepanjang hari.

5. Minum cukup air: Lebih dari dua pertiga dari berat badan manusia terdiri dari air. Selain itu, kita membutuhkan air untuk melakukan semua fungsi utama seperti mengatur suhu tubuh dan mengurangi sembelit. Para ahli merekomendasi untuk mminum 8 gelas air per hari. Anda juga bisa mendapatkan makanan cairan tambahan berupa susu. Namun, minuman yang mengandung kopi tidak dianjurkan karena mereka memiliki sifat diuretik, dimana merangsang tubuh untuk mengeluarkan cairan.

6. Makan buah dengan perut kosong: Mengambil apel atau jeruk saat perut kosong bisa menjadi cara yang bagus untuk mengusir kantuk dan mendapatkan dorongan energi yang cepat. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi lebih banyak buah ketimbang kopi saat Anda mengantuk.

7. Makanan glikemik rendah: Makanan dengan indeks glikemik rendah seperti sayuran, biji-bijian dan beberapa buah-buahan adalah suatu keharusan untuk mencegah segala bentuk kelesuan di pagi hari. Daripada melahap produk kafein untuk membuat Anda tetap terjaga, sebaiknya Anda memulai rutinitas diet yang sehat dengan mengasup lebih banyak makanan dengan indeks glikemik rendah dalam jumlah kecil sebelum pergi ke tempat tidur.

SUMBER: KOMPAS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s