Mengintip Teknologi Teranyar Huawei di China

Shenzhen, Cina – Markas besar Huawei di China, punya area khusus yang dipadati beragam prototipe dari teknologi mereka. Mulai dari teknologi menara pemancar selular, perangkat canggih untuk rumah sakit, sampai ponsel pintar dan tablet PC berbasis Android.

Kantor pusat Huawei yang ada di Shenzhen, China, terdiri dari banyak bangunan tinggi dalam satu area yang amat luas. Tiap-tiap gedung ditujukan untuk divisi dan kepentingan yang berbeda.

Khusus untuk ruangan perangkat teknologi teranyar terletak di gedung Research and Development. Ketika berada di area ini, setiap rombongan akan didampingi staff dari Huawei untuk menjelaskan teknologi apa saja yang sedang mereka kembangkan.

Diawali dengan teknologi BTS yang diklaim semakin pintar. Huawei menjelaskan bahwa mereka punya terobosan baru yang membuat menara pemancar selular lebih hemat daya dan canggih.

Pertama, ada menara yang sudah memakai tenaga surya sehingga lebih hemat energi dan biaya. “Konsumsi energinya cuma sekitar 700 watt,” kata staff Huawei yang memimpin rombongan.

Di tempat ini juga ditunjukan sebuah menara dan penguat sinyaklyang diklaim cocok untuk diletakkan di pusat kota, atau di daerah yang memiliki aktivitas yang tinggi.

Lanjut ke bagian device ada beragam ponsel Android dan tablet PC yang sudah diluncurkan Huawei. Ada Ascend D Quad, yang diklaim ponsel Android tercepat, dan ada belasan ponsel Android lainnya, baik yang ada di pasar global atau hanya untuk kawasan China.

Tak cuma ponsel, di area ini Huawei juga memamerkan sejumlah chip yang sudah mereka ciptakan. Salah satunya chip LTE yang diklaim paling kecil sedunia.

“Kami berhasil membuat chip LTE pertama dunia dengan fabrikasi 28nm,” jelas petugas menjelaskan.

Kemudian di area khusus Enterprise Huawei memamerkan seabrek perangkat canggih untuk industri. Ada telepresence, yang memungkinkan untuk melakukan konferensi via video beresolusi tinggi dengan beberapa orang sekaligus.

Kemudian ada kamera CCTV yang dijelaskan cocok untuk industri dengan keamanan tingkat tinggi. Di sini kamera yang digunakan bisa mendeteksi gerakan dan melakuan zooming hingga seratusan meter.

Area exhibition yang menghabiskan satu lantai ini hampir setiap hari menerima rombongan, meski di akhir pekan. Tapi sayangnya para pengunjung tidak diperbolehkan untuk mengambil gambar.

SUMBER : DETIK INET

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s