Rahasia Penting dalam Membesarkan Merk

Tahukah anda apa yang membuat sebuah merk itu menjadi besar dan terkenal? Mungkin kebanyakan dari anda akan menjawab bahwa itu semua merupakan hasil dari proses branding yang sempurna. Atau mungkin anda akan menjawab hal itu disebabkan oleh konsistensi dalam membangun merk. Atau mungkin karena fokus terhadap merk tersebut.

Apa sebenarnya rahasia yang paling penting dalam membesarkan sebuah merk?

Rahasianya adalah inovasi.

Mengapa inovasi? Mengapa tidak proses branding misalnya? Bukankah proses branding yang baik juga bisa membuat sebuah merk menjadi besar?

Memang benar hal-hal seperti proses branding yang baik, fokus dalam membangun merk, atau memberikan kualitas yang terbaik mampu membuat sebuah merk menjadi besar dan terkenal. Namun, ada hal penting yang harus diingat bahwa sebelum merk-merk tersebut terkenal dan mendunia, awalnya mereka merupakan sebuah produk atau jasa yang berbeda dengan produk sejenis di pasaran. Atau dengan kata lain, semua produk tersebut memulai dengan membuat sebuah inovasi yang berbeda dari produk kebanyakan.

Microsoft misalnya membuat inovasi dengan menyediakan sebuah sistem operasi komputer yang mudah untuk digunakan pada masa awal berdirinya. Richard dan Maurice McDonald’s, dua saudara pendiri restoran burger McDonald’s membuat inovasi dengan menjual burger yang cepat dan murah. Jaringan kedai sandwich Subway yang didirikan oleh Fred DeLuca berinovasi dengan menjual sandwich yang sehat dan juga murah. Amazon mempunyai visi inovatif dengan menyediakan pilihan judul buku yang lebih banyak daripada yang mampu disediakan toko buku konvensional. Semua merk besar tersebut mempunyai kesamaan satu sama lain: mereka memulai dengan membuat inovasi yang berbeda dari produk atau jasa kebanyakan pada masa berdirinya.

Jadi, walaupun proses branding juga memegang peranan yang cukup penting dalam membesarkan suatu merk, inovasi merupakan rahasia dasar yang membuat suatu merk menjadi besar.

Dan setelah inovasi itu berhasil dijalankan, mulailah dilakukan proses branding yang menyeluruh terhadap inovasi tadi. Proses seperti mengkomunikasikan manfaat produk tersebut kepada pelanggan, membangun hubungan yang baik dengan pelanggan, membangun kredibilitas, dan bahkan membangun jaringan distribusi, dilakukan sebagai tindakan yang mendukung pembangunan merk agar menjadi besar.

Oleh karenanya, jika anda hendak membangun merk yang besar, mau tidak mau bisnis atau produk yang anda tawarkan tersebut harus inovatif. Mungkin dengan proses branding yang baik merk anda bisa dengan cepat menjadi besar. Namun, tanpa inovasi yang melatarbelakanginya, merk tersebut akan dengan cepat tenggelam di tengah munculnya merk-merk lain yang jauh lebih inovatif. Sekarang menurut anda, sudah inovatifkah produk atau jasa yang anda tawarkan ke pelanggan?

SUMBER: KOMPASIANA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s