"Check Up" Finansial Pranikah, Penting Ya?

Jelang pernikahan, idealnya, calon pengantin menjalani proses premarital check up, yang biasanya terkait dengan pemeriksaan kesehatan fisik terutama organ reproduksi. Selain memeriksakan kesehatan, ada baiknya pasangan juga mendiskusikan keuangan. Sayangnya, pemeriksaan keuangan pranikah belum menjadi prioritas atau bahkan belum banyak pasangan yang memiliki kesadaran untuk mendiskusikan keuangan sebelum memasuki bahtera rumah tangga. Padahal, financial check up, yang lebih menekankan pada diskusi dan keterbukaan mengenai keuangan punya pengaruh besar terhadap kehidupan pernikahan dan rumah tangga.

“Dari jumlah klien yang datang untuk merencanakan keuangan, rata-rata 25-30 orang per bulan, 90 persennya adalah pasangan. Namun hanya tiga persen yang merencanakan keuangan jelang pernikahan,” jelas Nurfitriavi Nuriman, CFP, independent financial planner dari QM Financial kepada Kompas Female di sela kegiatan Women Wired Weekend di fX Lifestyle X’Nter Jakarta, belum lama ini.

Menurut perempuan yang akrab disapa Fitri ini, tidak adanya keterbukaan pasangan mengenai keuangan menyulitkan keduanya dalam menjalani rumah tangga. Karena, pengeluaran dan kebutuhan seseorang saat menikah berbeda dengan ketika ia masih lajang. Meskipun, rumah tangga dibiayai oleh penghasilan ganda dari pasangan yang keduanya bekerja, bukan berarti kondisi finansial Anda sudah baik. Apalagi jika pasangan menikah tidak memiliki tujuan finansial dan visi yang sama dalam menjalani rumah tangga.

“Tujuan finansial perlu dibicarakan pasangan menikah, bahkan saat merencanakan pernikahan. Jangan menganggap masa depan terjamin hanya karena pasangan punya gaji besar. Kalau punya gaji besar tapi hobi belanja, nonton konser dan lainnya, tak ada artinya,” jelas Fitri.

Pemeriksaan keuangan pranikah sebenarnya membahas topik yang sama dengan pasangan menikah yang sedang merencanakan keuangan. Topiknya sama, namun bedanya, pasangan mendapatkan manfaat lebih jika perencanaan keuangan dilakukan sedini mungkin bahkan sebelum menikah. Pembicaraan finansial pranikah menyangkut jumlah penghasilan dan pengeluaran masing-masing individu, termasuk berapa utang masing-masing individu yang perlu diketahui sebelum menikah. Dengan begitu setelah menikah, pasangan dapat merencanakan dan mengelola keuangan lebih baik lagi.

Keterbukaan finansial penting bagi pasangan, kata Fitri. Ia menambahkan, banyak orang yang semasa pacaran tidak mengetahui persis kebiasaan pasangannya dalam mengelola uang. Boleh jadi saat pacaran, si dia rajin membelikan hadiah istimewa untuk Anda, tapi menggunakan kartu kredit. Lalu setelah menikah, si dia memiliki utang kartu kredit yang banyak, dan Anda mau tak mau turut menanggungnya. Karena bagaimana pun ketika berumah tangga, masalah keuangan menjadi tanggung jawab bersama. Hal seperti ini jika tidak dibicarakan, akan memberikan dampak buruk bagi kondisi finansial saat menikah.

Dengan pembicaraan finansial pranikah, Anda dan pasangan dapat membereskan masalah keuangan personal sebelum memulai perjalanan baru dengan kondisi finansial yang lebih tertata. Fitri menyontohkan, ada pasangan yang bertunangan meminta bantuannya untuk merencanakan keuangan. Selain merencanakan keuangan untuk biaya pernikahan, pasangan ini juga merumuskan biaya untuk memenuhi tujuan finansial ke depan, seperti kepemilikan rumah dan lainnya. Ada juga pasangan menikah yang belum memiliki anak, namun mulai merencanakan biaya pendidikan anak untuk mengoptimalkan penghasilan agar tak hanya terbuang sia-sia untuk hura-hura. Ini contoh positifnya. Di sisi lain, Fitri juga menemui banyak perempuan yang bahkan tidak tahu berapa gaji suaminya.

Pilihan ada di tangan Anda, ingin menjalani rumah tangga dengan kondisi finansial seperti apa. Keterbukaan membicarakan keuangan dan merencanakan finansial sejak dini, memudahkan Anda untuk menjalani bahtera rumah tangga ke depannya karena hidup lebih terencana, bebas dari masalah finansial masa lalu dan bersiap menyambut masa depan bersama pasangan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s